STRATEGI BISNIS
HOTEL SYARIAH
Bisnis perhotelan
merupakan salah satu bidang usaha yang telah banyak menjamur diseluruh negeri,
namun konsep yang mereka tawarkan sama saja yaitu hanya menerapkan aturan dan prosedur sesuai
dengan ketentuan pemerintah dan industri saja, tetapi tidak dapat
memenuhi kebutuhan konsumen muslim yang menginginkan sebuah hotel yang juga
menerapkan aturan dan prosedur dengan ketentuan agama Islam alias syariah didalamnya.
Sehingga dari uraian diatas,
saya pun tertarik untuk mendirikan sebuah perusahaan yang
bergerak dibidang bisnis Perhotelan bernama “Assalamu’alaikum Hotel” dengan
mengusung strategi diferensiasi yaitu strategi
yang mendorong perusahaan untuk sanggup menemukan ciri khas keunikan tersendiri
dalam pasar yang jadi sasarannya. Adapun ciri khas dari Perhotelan ini yaitu sebuah
hotel berkonsep syariah yang menerapkan setidaknya dalam 3 sektor yaitu produk,
sarana dan fasilitas, serta pelayanan yang harus memenuhi kaidah syariah seperti :
-
Struktur
bangunan dan desain hotel yang bernuansa islami
-
Karyawan hotel
mengenakan busana muslim
-
Pelayananannya
yang syariah dan profesional, mulai dari check in hingga check out para tamu
-
Menyediakan menu makanan
dan minuman yang halal serta non alcohol
-
Memberlakukan seleksi
tamu
-
Menyediakan
fasilitas-fasilitas perhotelan yang berkualitas tinggi dan berkelas namun tetap
memegang teguh konsep syariah
Aturan ini dapat
menjadikan citra Assalamu’alaikum Hotel menjadi bersih dan islami yang dapat memberi daya tarik dan
kelebihan tersendiri dalam menarik para konsumen
melalui promosi-promosi yang dilakukan. Meski berlabel syariah,
namun pangsa pasar hotel syariah tidak sebatas muslim. Kalangan non muslim pun
masuk dalam cakupan.

Komentar
Posting Komentar